Peringati Hari Ibu, Wabup Madina Serahkan Penghargaan kepada Ibu Tangguh

Panyabungan, Diskominfo – Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution menyerahkan penghargaan istimewa kepada tiga Ibu pada peringatan Hari Ibu ke-94 di Gedung Serbaguna, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Jumat (23/12/2022).
Penghargaan tersebut diberikan kepada Tiragun Sitorus (50) yang berprofesi sebagai tukang kusuk dan asisten rumah tangga. Dia berhasil membesarkan lima anaknya sendirian hingga jenjang bangku perguruan tinggi dan dua diantaranya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kepergian suaminya tidak membuat Tiragun putus asa.
Kedua, Netti Hermawati (43) diberikan penghargaan dikarenakan suaminya berprofesi sebagai pengemudi becak dayung. Ibu rumah tangga ini memiliki tujuh anak, empat diantaranya disabilitas.
Netti tetap bersemangat merawat dan membesarkan anak-anaknya sepenuh hati.
Terakhir, Faridah Hannum (69) yang berprofesi sebagai guru mengaji malam. Dengan kondisi yang sudah tua, Pemkab Madina memberikan penghargaan sebab ia memiliki semangat juang demi keluarga.
Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Madina Donna Dameria mengatakan peringatan Hari Ibu untuk mewariskan nilai luhur dan semangat perjuangan kaum perempuan.
“Kita harus meningkatan kualitas perempuan dan mendorong kesetaraan laki-laki dan perempuan dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Donnas.
Sebagai generasi penerus bangsa, Donna mendukung untuk pengetahuan karakter perempuan berbudaya melalui sektor ekonomi, kewirausahaan perempuan, sebagai salah satu solusi penurunan kekerasan terhadap perempuan, peningkatan peran dalam pendidikan anak, pencegahan perkawinan anak, dan pencegahan pekerjaan anak.
Wabup Madina Atika Azmi Utammi Nasution mengayakan peringatan Hari Ibu menjadi momen untuk menghargai kaum perempuan sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan.
Momen ini, kata Atika, sebagai refleksi dan renungan yang telah dilakukan perempuan dalam bidang pembangunan.
“Perjuangan demi kesetaraan gender. Perempuan dan laki-laki memiliki tujuan yanh sama dan memperjuangkan pendidikan, sosial, politik dan hukum,” lanjutnya.
“Perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama,” tegas Atika.
Pada akhir sambutannya, Wakil Bupati Termuda se-Indonesia itu mengucapkan terima kasih kepada organisasi perempuan dan organisasi perempuam yang selalu bersama terlibat untuk kemajuan Madina.
Atika berharapan peringatan dapat mendorong kesetaraan perempuan dan laki-laki demi Kabupaten Madina yang berdaulat dan makmur. #PerempuanBerdayaIndonesiaMaju #SelamatHariIbu2022 #MadinaBersyukurMadinaBerbenah