Pembukaan Kegiatan Kemah Bersama Pramuka Kwartir Cabang Panyabungan

Pembukaan Kegiatan Kemah Bersama Pramuka Kwartir Cabang Panyabungan
Panyabungan Diskominfo- 960 pelajar tingkat SD dan SMP di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengikuti Kemah Bersama Kwartir Ranting Panyabungan di bumi kemah Pramuka lapangan tanah merah Kelurahan Pidoli Dolok, Jum'at (18/11/2022).
Kegiatan kemah bersama itu dibarengi sekaligus pelantikan pengurus Pramuka Kwartir Ranting Panyabungan yang diketuai oleh Anami Nasution.
Hadir Asisten I Pemkab Madina, Sahnan Pasaribu, Ka Kwarcab Pramuka Kabupaten Madina yang juga menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs Lismulyadi Nasution, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Dollar Hafrianto Siregar beserta jajaran Muspika Kecamatan Panyabungan.
Sementara dari barisan tamu undangan dihadiri para Kordinator Wilayah (Korwil) UPTD Dinas Pendidikan termasuk Korwil I Panyabungan, Darmawi Nasution beserta para kepala sekolah.
Ketua Panitia kemah bersama, Anami Nasution melaporkan kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari sejak Jum'at 18 November hingga Minggu 20 November 2022 yang diikuti 960 peserta dari satuan pendidikan tingkat SD dan SMP di Kecamatan Panyabungan.
Adapun rincian jumlah tersebut yakni 700 peserta dari siaga, 120 peserta penggalangan dan 140 penegak.

Sementara Asisten I Madina, Sahnan Pasaribu bertindak sebagai pembina upacara pembukaan kemah bersama menyampaikan titip salam dari Bupati dan Wakil Bupati yang tidak bisa menghadiri karena sedang berada di luar kota dan agenda di DPRD setempat.
Sahnan berharap kepada seluruh peserta maupun kakak pembina Pramuka di Panyabungan untuk tidak berkecil hati atas ketidakhadiran kepala daerah.
"Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati sedang ada tugas penting yang harus diselesaikan. Ketidakhadiran beliau semoga tidak menjadi penghambat rasa semangat dalam menjalankan kemah bersama ini. Beliau titip salam untuk kita semua," katanya.
Eks Kepala Dinas Kominfo ini juga mengapresiasi seluruh peserta kemah bersama beserta panitia yang telah bersusah payah mendirikan acara tersebut. Bahkan, Sahnan menilai Kemah Bersama Kwartir Ranting Panyabungan sudah mendekati tingkat Kwartir Cabang Madina karena peserta sangat ramai dan persiapan yang sangat matang.
"Ini sangat luar biasa, sudah mendekati tingkat Kabupaten, padahal ini masih tingkat Kecamatan. Saya bangga melihat semangat para peserta dan panitia meskipun saat pembukaan kemah bersama ini diguyur hujan. Selamat dan sukses, secara resmi kemah ini saya buka," ucapnya.
Disisi lain, Sahnan meminta kepada panitia dan kakak pembina agar menjadi garda terdepan membina para pelajar dalam menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam ke pramukaan dan diharapkan sebagai ujung tombak dalam mencetak generasi muda yang unggul dalam segala hal.
Kemudian, Peraturan Bupati tentang salat subuh berjamaah juga disampaikan dihadapan para pelajar. Ia meminta bukan hanya salat subuh saja, namun salat wajib lima waktu sehari semalam pun harus ditunaikan karena sudah merupakan kewajiban umat Islam.
Terakhir, Sahnan meminta panitia dan kakak pembina Pramuka untuk mengawasi para pelajar dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sekitar bumi perkemahan seperti membuang sampah pada tempatnya dan gotong royong membersihkan sampah di aliran irigasi. #MadinaBersyukurMadinaBerbenah