Bupati Bersama Ketua DPRD Madina Kunjungi Wisata Sawah Sabarang Kotanopan

Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution Bersama Ketua DPRD Kab. Mandailing Natal Erwin Efendi Lubis mengunjungi obyek wisata Sawah Sabarang di desa Padang Bulan Muara Soro, Kecamatan Kotanopan Kab. Mandailing Natal, Minggu siang (17/01).

Dalam kunjungan ke obyek wisata tersebut, Bupati memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada warga yang telah membantu mewujudkan salah satu destinasi wisata di Kab. Mandailing Natal khususnya Kecamatan Kotanopan.

“Saya melihat obyek wisata ini sangat bagus, ada ciri khas dan keunikan yang tidak di miliki oleh destinasi wisata lain di Kab. Mandailing Natal”, Ucap Dahlan.

“Bila obyek wisata ini dikelola dan ditata dengan baik, saya optimis yakin obyek wisata sawah ini bisa menjadi andalan destinasi wisata bukan hanya untuk Madina, tapi juga Indonesia,” sambung Dahlan.

Bupati juga berharap, agar masyarakat mempunyai kesadaran akan pentingnya tata kelola wisata yang baik sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan pendapatan masyarakat setempat. Sebab tanpa adanya pengelolaan yang baik bupati menyakini destinasi wisata ini akan kehilangan nilai jual bagi para wisatawan.

Terkait pemberdayaan unit usaha des dan Bumdes di setiap desa-desa di Kab. Mandailing Natal, Bupati tak henti-hentinya untuk selalu menghimbau kepada Kepala Desa agar manajemen dan pengelolaannya semakin baik dan transparan.

Tak lupa Bupati berpesan kepada setiap kepala desa agar kades berkenan di bina untuk penegmbangan Bumdes. Sehingga Bumdes setiap tahun biasa menghasilkan pemasukan bagi desa.

“Pemkab Madina akan selalu mendukung pengembangan obyek wisata ini. Jadi untuk pembuatan Mushalla dan MCK nantinya akan kita usulkan ke Dinas Pariwisata Provinsi sedangkan pelebaran jalan akan kita maksimalkan dari APBD Madina” ungkap Bupati.

Bupati juga mengamanatkan agar pengelola obyek wisata ini meniru pola pengembangan wisata berkarakter yang diterapkan di Provinsi Bali yaitu dengan mengutamakan keramah tamahan, keamanan dan kebersihan. Selain itu, obyek wisata ini harus menjadi obyek wisata Syariah.

Bupati juga menginginkan agar pengelolaab obyek wisata di Bali dapat di contoh sebagai perbandingan dalam pengembangan obyek wisata di Kab. Mandailing Natal.

Sementara Pjs. Kepala Desa Padang Bulan, Bahren Daulay dalam kesempatan itu berharap adanya dukungan yg maksimal dari Pemkab Madina untuk pengembangan obyek Wisata Sawah Sabarang ini. Karena obyek wisata ini memiliki banyak potensi untuk pengembangan obyek wisata.

Selanjutnya Bahren Daulay, menyampaikan usulan agar Pemkab Mandailing Natal untuk membantu pengembangan obyek wisata ini berupa pembangunan Mushalla, MCK dan pelebaran jalan menuju obyek wisata serta pemanfaatan Sungai Batang Gadis dan Air Terjun dalam rencana dan pengelolaan obyek wisata ini kedepannya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir tokoh masyarakat Mandailing Natal, Aswin Parinduri, anggota DPRD Madina Sobir Lubis, Erwin Efendi Nasution, Muhammad Rizki Daulay, Zainal Arifin, Camat Kotanopan, Kapolsek dan Ramil 14 Kotanopan, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar Kotanopan.