21 peserta Seleksi JPT Pratama di Lingkungan Pemkab Madina Ikuti Pembekalan

Panyabungan, Diskominfo – Panitia seleksi terbuka dan narasumber Jabatan Pimpinan Tingggi Pratama (JPT) di lingkungan Pemkab Mandailing Natal (Madina) melakukan pembekalan bagi 21 peserta yang lulus seleksi administrasi pelamar JPT tahun 2023.
Pembekalan peserta seleksi JPT Pratama dibuka Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution melalui Sekda Madina Alamulhaq Daulay di Aula Ladang Sari, Desa Gunung Tua Panggorengan, Kecamatan Panyabungan, kamis (20/7/2023).
Dalam pidato tertulis Bupati yang dibacakan Sekda Alamulhaq Daulay menyampaikan, kegiatan seleksi terbuka JPT Pratama sebagai implementasi dari undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Apartur Sipil Negara (ASN) dan peraturan pemerintah nomo 11 tahun 2011 tentang manajemen pegawai negeri sipil.
“Salah satu point dari UU Nomor 5 tahun 2014 yang fenomenal adalah perubahan paradigma promosi saat ini yang sepenuhnya dilakukan dalam mekanisme pemilihan oleh Baperjakat ke metode baru yang dilakukan secara terbuka, dimana setiap orang yang memenuhi syarat dapat ikut serta didalamnya,”jelasnya.
Sekda mengatakan, Seleksi JPT Pratama mengubah pradigma pegawai, dimana pegawai yang berminat menduduki JPT Pratama harus mengajukan dirinya untuk dibandingkan dengan kualitas calon yang lain.
“Seleksi JPT pratama ini merupakan salah satu strategi yang jitu untuk melawan nepotisme, kolusi dan korupsi dalam jabatan pemerintah,”sebutnya
Selain terkait dengan asas hukum, seleksi terbuka ini, kata Alamulhaq, merupakan cerminan komitmen pemerintah kabupaten mandailing natal dalam membangun struktur SDM aparatur sipil negera yang mempunyai kompetisi dan integritas untuk melaksanakan tata kelola pemerintah yang amanah dan efektif.
“Pengisian JPT Pratama di lingkungan pemkab madina ini juga merupakan salah satu moment strategis dalam upaya mendorong kinerja pemerintah untuk mewujudkan RPJMD Madina 2021-2025 agar lebih baik lagi,”ujarnya.
Hadir dalam pembukaan pembekalan seleksi terbuka JPT Pratama tersebut para asisten, kepala Opd, tim penguji/narasumber Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs M Sahnan Pasaribu MM, Asisten Perekomomian dan Pembangunan, dr Syarifuddin, tokoh masyarakat, Drs HM Yusuf M Si dan 21 peserta lelang.